Senin, 23 November 2015

Modus Kecurangan Oknum Servis AC

Demi meraup keuntungan besar, ada beberapa oknum servis AC (Air-Conditioned / Mesin Pendingin Ruangan) yang diam-diam melakukan kecurangan yang tidak pantas kepada pelanggannya. Seperti yang baru-baru ini ramai dibicarakan orang di sosial media, ada Oknum Servis AC yang menipu pelanggannya, sehingga dia harus membayar lebih.

Cara yang dilakukan Oknum ini terbilang memang "nakal" :
Ketika diminta melakukan servis cuci AC, sang Oknum berpura-pura mengatakan kalau freon AC habis, sehingga harus diisi ulang dengan biaya sangat tinggi. Tentu saja sang Konsumen menolak karena merasa freon AC baru diisi dan tidak bermasalah.

Setelah pembersihan AC selesai dan Oknum Servis AC pulang, saat AC dinyalakan, yang keluar justru angin panas saja. Karena mengira apa yang dikatakan sang Oknum benar, maka Oknum Servis AC tadi dipanggil lagi untuk mengisi freon. Dan dengan terpaksa Konsumen merogoh uang yang cukup banyak untuk membayar biaya freon AC.

Tapi benarkah freon AC Konsumen itu habis setelah dibersihkan?

Tidak. Justru itu ulah Oknum Servis AC. Saat membersihkan AC, dia menutup saluran freon yang terletak di perangkat outdoor. Akibatnya freon tidak mengalir masuk ke dalam kompresor dan tidak ada hawa dingin dari AC. Jadi ketika Oknum itu dipanggil untuk mengisi freon, dia sebenarnya tidak melakukan pengisian (kalau pun mengisi, paling isinya sedikit sekali), dan segera membuka katup saluran freon yang ditutupnya. Semua bisa dilakukan tanpa kecurigaan Konsumen, karena seringkali dia bekerja sendiri tanpa diawasi.

Belajar dari kasus ini, ada baiknya rekan sekalian berhati-hati, terutama dalam memilih petugas Servis AC. Usahakanlah untuk memilih Tukang Servis AC dari tempat servis yang dapat dipercaya, bukan tukang servis abal-abal atau tukang keliling.

Saluran Freon (terletak di kompresor AC)
Dan meski petugas tersebut berasal dari tempat servis terpercaya atau langganan, tidak berarti Anda mempercayakan 100% pekerjaan servis AC itu padanya. Sesekali cobalah tinjau pekerjaannya. Pastikan dia bekerja dengan benar, tidak asal bilang ini-itu rusak dan harus ganti. Belum tentu juga kita harus menuruti omongannya, karena berdasarkan pengalaman saya, onderdil AC biasanya bisa bertahan lebih dari 10 tahun (untuk AC yang bermerek internasional dan terkenal). Jadi sangat kecil kemungkinan ada komponen AC yang sudah aus atau harus ganti, padahal baru berumur 1-2 tahun.

Selain itu, setelah pekerjaan servis AC selesai, pastikan AC dapat berjalan dengan baik sebelum sang petugas pergi. Nyalakanlah AC dan biarkan selama 10 - 20 menit. AC yang baru diservis, biasanya akan jauh lebih dingin daripada sebelum diservis, dan perbedaannya baru dapat dirasakan setelah AC menyala selama 10 - 20 menit. Apabila setelah dinyalakan, tapi AC justru panas, mintalah sang petugas mengecek ulang kondisi AC. Kalau perlu, barengan dengan petugas itu mengecek saluran freon yang menyambung ke kompresor. Kalau tidak ada masalah, berarti ada kemungkinan terjadi kebocoran atau memang freon tersebut habis (freon biasanya baru habis setelah 5 tahun. Itu pun jika dinyalakan terus-menerus selama 6 - 8 jam sehari).

Jadi... Waspadalah....

10 komentar:

  1. Maksdnya di foto itu bagaimana ya bos..
    Kok gak ada tutupnya, di ac rumah saya ada tutupnya

    BalasHapus
  2. Minggu lalu pasang ac dikamar.. ac baru.. tp tukang ac nya bilang freonnya habis.. untuk isi freon katanya biaya 200 . Setelah dia isi ac ttp tdk dingin.. cuma pipanya sj yg dingin trus bsut nepelnya jg membeku.. ini tukang acnya yg mmg bodoh atau ada pnjelasan tentang itu. Disuruh mainin remotnya katax fia tdk bgtu tau klo ac panasonic

    BalasHapus
  3. Saya jg barusan ketipu nih..ac sy bunyi dan sy telpon langganan ga diangkat2 akhirnya pake jasa servis cari di google..bgtu orgnya datang sy sdh curiga dan ga enak hati sy..dia otak atik outdoor ktnya harus ganti kapasitor.tp kondisi sdh diganti oleh dia tnpa ty sama saya ..dan sy suruh ganti biaya 375 plus ongkos servise.setelah mrk pulang sy nyalakan acnya tdk dingin sama sekali tp sdh tdk berisik..sy komplain alasannya keluhan sy hy berisik jd dia tdk cek freon dll..oke.saya panggil tukang servise lngganan sy di chek trnyata astanagaaa..tuh kapasitor yg di copot katanya bkn py ac saya ..dan yg di outdoor trrnyata msh orisinil py merk ac sy ..jd penipu ini ga ganti sama sekali dan celakanya lg kabel yg menghubungkan kompresor di lepasnya shgga hy kipas yg nyala sementara kompresor tdk jalan..kurang ajar. Ngaaak?? Mending hati2 deh.

    BalasHapus
  4. 1-10 tukang servis ac mungkin cuma 1 yg jujur, slebihnya curang dan ini fakta di lapangan, mreka sengaja bgtu untuk berharap sgera dipanggil kembali

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum wr wb.. Pada hari sabtu 31 oktober 2016 saya memanggil servis ac dan mereka datang setibanya dirumah tukang ac mengecek dan membongkar in door untuk pengecekan tetapi tidak ada kebocoran kemudian si tukang ac kembali mengecek out door dan mereka menemukan titik kebocoran menurut dia... Kemudian dia menyarankan servis dan ganti kisi-kisi ac karena tidak bisa di las menurut mereka kemudian mereka meminta saya untuk servis diluar dan saya menurut saja karena tanpa curiga... Setelah beberapa mereka datang kebetulan saya tidak dirumah cuma ada ibu saya dan mereka hanya menyimpan ac out door tanpa memasang kembali.. Dan sampai hari ini mereka belum datang untuk memperbaiki atau menelpon.... Kerugian material cukup lumayan saya berikan panjar 500 ribu tanpa mereka pasang.. Yang saya kesal bukan masalah uangnya tetapi tidak ada niat baik mereka untuk datang melakukan perbaikan dan mencoreng tukang ac yang lain nya... WASPADA TUKANG AC AREA MAKASSAR... CIRI-CIRI NYA RAMBUT IKAL TINGGI KURUS DAN BERKUMIS DAN PINTAR BERBICARA MASALAH PERMASALAHAN DAN SELALU MENGATAKAN SISTEM GARANSI... WASPADA

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum wr wb.. Pada hari sabtu 31 oktober 2016 saya memanggil servis ac dan mereka datang setibanya dirumah tukang ac mengecek dan membongkar in door untuk pengecekan tetapi tidak ada kebocoran kemudian si tukang ac kembali mengecek out door dan mereka menemukan titik kebocoran menurut dia... Kemudian dia menyarankan servis dan ganti kisi-kisi ac karena tidak bisa di las menurut mereka kemudian mereka meminta saya untuk servis diluar dan saya menurut saja karena tanpa curiga... Setelah beberapa mereka datang kebetulan saya tidak dirumah cuma ada ibu saya dan mereka hanya menyimpan ac out door tanpa memasang kembali.. Dan sampai hari ini mereka belum datang untuk memperbaiki atau menelpon.... Kerugian material cukup lumayan saya berikan panjar 500 ribu tanpa mereka pasang.. Yang saya kesal bukan masalah uangnya tetapi tidak ada niat baik mereka untuk datang melakukan perbaikan dan mencoreng tukang ac yang lain nya... WASPADA TUKANG AC AREA MAKASSAR... CIRI-CIRI NYA RAMBUT IKAL TINGGI KURUS DAN BERKUMIS DAN PINTAR BERBICARA MASALAH PERMASALAHAN DAN SELALU MENGATAKAN SISTEM GARANSI... WASPADA

    BalasHapus
  7. Tdk semua tukang ac itu gk jujur jg,termasuk sy,sy jg tukangh ac yg gk jujur,

    BalasHapus
  8. Tdk semua tukang ac itu gk jujur jg,termasuk sy,sy jg tukangh ac yg gk jujur,

    BalasHapus
  9. Tdk semua tukang ac itu gk jujur jg,termasuk sy,sy jg tukangh ac yg gk jujur,

    BalasHapus
  10. Tdk semua tukang ac itu gk jujur jg,termasuk sy,sy jg tukangh ac yg gk jujur,

    BalasHapus