Modus Kecurangan Oknum Servis AC - Membongkar Modus

Mengungkap kasus kejahatan yang marak terjadi belakangan ini ....

Breaking News

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 23 November 2015

Modus Kecurangan Oknum Servis AC

Demi meraup keuntungan besar, ada beberapa oknum servis AC (Air-Conditioned / Mesin Pendingin Ruangan) yang diam-diam melakukan kecurangan yang tidak pantas kepada pelanggannya. Seperti yang baru-baru ini ramai dibicarakan orang di sosial media, ada Oknum Servis AC yang menipu pelanggannya, sehingga dia harus membayar lebih.

Cara yang dilakukan Oknum ini terbilang memang "nakal" :
Ketika diminta melakukan servis cuci AC, sang Oknum berpura-pura mengatakan kalau freon AC habis, sehingga harus diisi ulang dengan biaya sangat tinggi. Tentu saja sang Konsumen menolak karena merasa freon AC baru diisi dan tidak bermasalah.

Setelah pembersihan AC selesai dan Oknum Servis AC pulang, saat AC dinyalakan, yang keluar justru angin panas saja. Karena mengira apa yang dikatakan sang Oknum benar, maka Oknum Servis AC tadi dipanggil lagi untuk mengisi freon. Dan dengan terpaksa Konsumen merogoh uang yang cukup banyak untuk membayar biaya freon AC.

Tapi benarkah freon AC Konsumen itu habis setelah dibersihkan?

Tidak. Justru itu ulah Oknum Servis AC. Saat membersihkan AC, dia menutup saluran freon yang terletak di perangkat outdoor. Akibatnya freon tidak mengalir masuk ke dalam kompresor dan tidak ada hawa dingin dari AC. Jadi ketika Oknum itu dipanggil untuk mengisi freon, dia sebenarnya tidak melakukan pengisian (kalau pun mengisi, paling isinya sedikit sekali), dan segera membuka katup saluran freon yang ditutupnya. Semua bisa dilakukan tanpa kecurigaan Konsumen, karena seringkali dia bekerja sendiri tanpa diawasi.

Belajar dari kasus ini, ada baiknya rekan sekalian berhati-hati, terutama dalam memilih petugas Servis AC. Usahakanlah untuk memilih Tukang Servis AC dari tempat servis yang dapat dipercaya, bukan tukang servis abal-abal atau tukang keliling.

Saluran Freon (terletak di kompresor AC)
Dan meski petugas tersebut berasal dari tempat servis terpercaya atau langganan, tidak berarti Anda mempercayakan 100% pekerjaan servis AC itu padanya. Sesekali cobalah tinjau pekerjaannya. Pastikan dia bekerja dengan benar, tidak asal bilang ini-itu rusak dan harus ganti. Belum tentu juga kita harus menuruti omongannya, karena berdasarkan pengalaman saya, onderdil AC biasanya bisa bertahan lebih dari 10 tahun (untuk AC yang bermerek internasional dan terkenal). Jadi sangat kecil kemungkinan ada komponen AC yang sudah aus atau harus ganti, padahal baru berumur 1-2 tahun.

Selain itu, setelah pekerjaan servis AC selesai, pastikan AC dapat berjalan dengan baik sebelum sang petugas pergi. Nyalakanlah AC dan biarkan selama 10 - 20 menit. AC yang baru diservis, biasanya akan jauh lebih dingin daripada sebelum diservis, dan perbedaannya baru dapat dirasakan setelah AC menyala selama 10 - 20 menit. Apabila setelah dinyalakan, tapi AC justru panas, mintalah sang petugas mengecek ulang kondisi AC. Kalau perlu, barengan dengan petugas itu mengecek saluran freon yang menyambung ke kompresor. Kalau tidak ada masalah, berarti ada kemungkinan terjadi kebocoran atau memang freon tersebut habis (freon biasanya baru habis setelah 5 tahun. Itu pun jika dinyalakan terus-menerus selama 6 - 8 jam sehari).

Jadi... Waspadalah....

16 komentar:

  1. Maksdnya di foto itu bagaimana ya bos..
    Kok gak ada tutupnya, di ac rumah saya ada tutupnya

    BalasHapus
  2. Minggu lalu pasang ac dikamar.. ac baru.. tp tukang ac nya bilang freonnya habis.. untuk isi freon katanya biaya 200 . Setelah dia isi ac ttp tdk dingin.. cuma pipanya sj yg dingin trus bsut nepelnya jg membeku.. ini tukang acnya yg mmg bodoh atau ada pnjelasan tentang itu. Disuruh mainin remotnya katax fia tdk bgtu tau klo ac panasonic

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan ac rumah aja yg suka bohong. Hati2 ac mobil juga dimana2 suka bohong. Terutama ac mobil sanjaya dharmawangsa 49

      Hapus
  3. Saya jg barusan ketipu nih..ac sy bunyi dan sy telpon langganan ga diangkat2 akhirnya pake jasa servis cari di google..bgtu orgnya datang sy sdh curiga dan ga enak hati sy..dia otak atik outdoor ktnya harus ganti kapasitor.tp kondisi sdh diganti oleh dia tnpa ty sama saya ..dan sy suruh ganti biaya 375 plus ongkos servise.setelah mrk pulang sy nyalakan acnya tdk dingin sama sekali tp sdh tdk berisik..sy komplain alasannya keluhan sy hy berisik jd dia tdk cek freon dll..oke.saya panggil tukang servise lngganan sy di chek trnyata astanagaaa..tuh kapasitor yg di copot katanya bkn py ac saya ..dan yg di outdoor trrnyata msh orisinil py merk ac sy ..jd penipu ini ga ganti sama sekali dan celakanya lg kabel yg menghubungkan kompresor di lepasnya shgga hy kipas yg nyala sementara kompresor tdk jalan..kurang ajar. Ngaaak?? Mending hati2 deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya..sy mau sharing .AC mobil Sanjaya triknya . Sebenarnya TDK rusak parah to di katakan ini rusak itu rusak harus ganti ini itu jd biayanya membengkak. Hati2lo kalo masuk situ. Harganya selangit. Kompresor baik dibilang harus ganti. Padahal bunyi belum tentu kompresornya. Itu cuma kipasnya aja. Sekian ..semoga hati2lo. Lebih baik pilih yg lain. Dan cek2 harga dan kerusakan SDH betul yg di katakan tukang AC mobil.

      Hapus
    2. Alat AC mobil Sanjaya jl. Dharmawangsa 49. Agar TDK nyasar salah masuk

      Hapus
  4. 1-10 tukang servis ac mungkin cuma 1 yg jujur, slebihnya curang dan ini fakta di lapangan, mreka sengaja bgtu untuk berharap sgera dipanggil kembali

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum wr wb.. Pada hari sabtu 31 oktober 2016 saya memanggil servis ac dan mereka datang setibanya dirumah tukang ac mengecek dan membongkar in door untuk pengecekan tetapi tidak ada kebocoran kemudian si tukang ac kembali mengecek out door dan mereka menemukan titik kebocoran menurut dia... Kemudian dia menyarankan servis dan ganti kisi-kisi ac karena tidak bisa di las menurut mereka kemudian mereka meminta saya untuk servis diluar dan saya menurut saja karena tanpa curiga... Setelah beberapa mereka datang kebetulan saya tidak dirumah cuma ada ibu saya dan mereka hanya menyimpan ac out door tanpa memasang kembali.. Dan sampai hari ini mereka belum datang untuk memperbaiki atau menelpon.... Kerugian material cukup lumayan saya berikan panjar 500 ribu tanpa mereka pasang.. Yang saya kesal bukan masalah uangnya tetapi tidak ada niat baik mereka untuk datang melakukan perbaikan dan mencoreng tukang ac yang lain nya... WASPADA TUKANG AC AREA MAKASSAR... CIRI-CIRI NYA RAMBUT IKAL TINGGI KURUS DAN BERKUMIS DAN PINTAR BERBICARA MASALAH PERMASALAHAN DAN SELALU MENGATAKAN SISTEM GARANSI... WASPADA

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum wr wb.. Pada hari sabtu 31 oktober 2016 saya memanggil servis ac dan mereka datang setibanya dirumah tukang ac mengecek dan membongkar in door untuk pengecekan tetapi tidak ada kebocoran kemudian si tukang ac kembali mengecek out door dan mereka menemukan titik kebocoran menurut dia... Kemudian dia menyarankan servis dan ganti kisi-kisi ac karena tidak bisa di las menurut mereka kemudian mereka meminta saya untuk servis diluar dan saya menurut saja karena tanpa curiga... Setelah beberapa mereka datang kebetulan saya tidak dirumah cuma ada ibu saya dan mereka hanya menyimpan ac out door tanpa memasang kembali.. Dan sampai hari ini mereka belum datang untuk memperbaiki atau menelpon.... Kerugian material cukup lumayan saya berikan panjar 500 ribu tanpa mereka pasang.. Yang saya kesal bukan masalah uangnya tetapi tidak ada niat baik mereka untuk datang melakukan perbaikan dan mencoreng tukang ac yang lain nya... WASPADA TUKANG AC AREA MAKASSAR... CIRI-CIRI NYA RAMBUT IKAL TINGGI KURUS DAN BERKUMIS DAN PINTAR BERBICARA MASALAH PERMASALAHAN DAN SELALU MENGATAKAN SISTEM GARANSI... WASPADA

    BalasHapus
  7. Tdk semua tukang ac itu gk jujur jg,termasuk sy,sy jg tukangh ac yg gk jujur,

    BalasHapus
  8. Tdk semua tukang ac itu gk jujur jg,termasuk sy,sy jg tukangh ac yg gk jujur,

    BalasHapus
  9. Tdk semua tukang ac itu gk jujur jg,termasuk sy,sy jg tukangh ac yg gk jujur,

    BalasHapus
  10. Tdk semua tukang ac itu gk jujur jg,termasuk sy,sy jg tukangh ac yg gk jujur,

    BalasHapus
  11. Hati2 Servis AC dari Flyer yg dilempar ke rumah2
    Saya menggunakan jasa servis lewat flyer yg dilempar ke rumah2, ACEN Jaya Servis. Awalnya, sy benahin mesin cuci khusus bagian pengering, dan mesin dibawa dgn biaya 650rb. Dijanjikan besoknya kelar, ternyt smpi besoknya mesin cuci ga ada kabar. Malam sy telpon, dan ktnya ada penambahan kerusakan bagian cuci, dan hrs ada servis dgn biaya 175rb. Okelah, walaupun rada mengkal, besoknya mesin diantar, dgn total biaya tambahan 30rb. Jd total 855rb. Krn dijanjikan garansi 1 bulan, sy kontak lg hr itu jg, utk dicek ulang, mesin bersuara keras. Dijanjikan besok akan ditengok, tp sampai besok ga ada kbr, sy telpon ktnya sibuk. Kbtln AC di rmh jg perlu servis dibersihkan, dgn maksud spy skalian aja, maka sy minta tlg jasa yg sama. Saat dibersihkan, teknisi nawarin isi jasa freon, 60rb/10, krn sy bbrp isi freon dgn harga berkisar 150-250rb, sy setuju aja. Stlh pekerjaan selesai, teknisi mengeluarkan bon dgn tagihan 600rb freon dan 30rb servis. Sy kaget dan komplain, dan sempat telp no tertera. Tp tetep bersikeras, sy cb telpon jasa yg sama, ternyata harganya hanya sktr 380rb isi penuh. Singkst cerita, sy kbratan dan freon dikeluarin semua. Semoga ini bs menjadi pelajaran kt semua.

    BalasHapus
  12. Saya baru belakangan ini menjadi korban modus penipuan ini. AC saya bocor air, lalu katanya freon habis. Logikanya, jika freon habis, seharusnya temperatur AC terlalu panas. Namun sebelum diservis, temperatur AC masih dingin. Setelah diganti freon, kini AC saya menjadi lebih panas. Jika sebelumnya AC saya 26-27 derajat, kini saya harus menggunakan 18 derajat dan itu pun masih sedikit panas. Saya membayar harga freon sebanyak Rp.600,000.

    BalasHapus
  13. 1. adik sy tertipu, kompressor rusak, lalu rusak kompressor sama saja ganti AC harganya(beda tipis), akhirnya dijual ke teknisi AC tsb 300rb, merk panasonic, indoor-nya no problem, anggapan outdoor/kompressornya rusak. Padahal ternyata yang rusak adalah kapasitornya saja penyebab kompressor tidah menyala.

    2. sy nyaris tertipu dengan bengkel AC di pondok ungu permai, Bengkel AC INDO*****, awalnya sy punya teknisi AC sendiri, namun karena kesibukannya, akhirnya sy coba panggil teknisi bengkel AC INDO***, hasil pengecekannya bahwa ada bocor shg freon habis dan indoor bersalju, tapi sy tdk melanjutkan perbaikan itu, pending dulu & bersabar, sambil nunggu teknisi AC saya sendiri, 2 hari kemudian teknisi AC saya bisa datang dan mengeceknya, freon tdk habis, & ternyata tdk ada bocor, indoor bersalju/es dikarenakan blower indoor kadang2 berhenti berputar, setelah diperbaiki blowernya alhamdulillah/pujian bagi Alloh, sudah tidak terjadi lagi indoor bersalju/es/ngeblok (bhs tukang AC).

    Maka harus waspada bilamana sedang lakukan service / perbaikan AC; 1, dampingi terus, 2, kritis/tanya2

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages