Sabtu, 28 November 2015

Hati-Hati Perkenalan Berkedok Ngajak Kenalan

Anda mungkin sering menemukan ada banyak akun Facebook yang menampilkan pemiliknya (wanita) memakai foto PP (Personal Profile) berparas cantik bak artis Korea. Ada yang memakai foto sopan, namun tidak sedikit yang menggunakan foto yang "nakal".

Beberapa di antaranya dengan sengaja menulis di Status Akun-nya kalau dia mendambakan kekasih yang baik hati, tidak sombong, bla-bla-bla. Kalau ada yang cocok, bisa meng-add BBM miliknya (Anda bisa melihat ada Pin BBM yang tersemat di Statusnya). Bagi pria yang sudah melihat fotonya, pasti akan tergoda untuk berkenalan dengan gadis cantik itu.

Berkenalan sih boleh saja. Tapi waspadalah... !!! Kar
ena bisa jadi ini hanya akal-akalan dia saja untuk dapat menipu Anda.

Teknik penipuan ini sebenarnya sudah cukup marak terjadi dalam setahun ini. Cara yang dilakukan penipu terbilang cukup cerdas : Dia membuat akun palsu yang diisinya foto-foto wanita berparas cantik. Hebatnya, mereka mampu dengan konsisten menampilkan foto-foto wanita tersebut dengan berbagai pose dan gaya, membuat siapapun (bahkan Admin Facebook sekalipun) percaya kalau akun tersebut adalah asli.

Setelah beberapa waktu menayangkan foto-foto itu, Sang Penipu mulai melancarkan penipuannya. Dia mulai memunculkan Status di akunnya tentang kepribadian dirinya, misalnya dia sedang kesepian, butuh teman, butuh pacar, butuh orang yang bisa menjadi Imamnya, bla-bla-bla.. Cara ini dilakukan untuk melihat respon "pengikut"-nya. Dan jelas saja, cara ini berhasil karena para pria yang sudah dimabuk kepayang langsung merespon dan menyambut baik ajakan pertemanan yang lebih intim itu.

Selanjutnya, Sang Penipu memunculkan Status kedua yang menginformasikan jika ada pria yang baik dan mau jadi kekasihnya, dia akan meminta pria itu untuk invite Pin BB (Blackberry)-nya. Dan saya yakin, hanya dalam hitungan menit, akan masuk puluhan Pin BB para pria ke akun BB Sang Penipu. Dan di sinilah Sang Penipu mulai menjalankan tugas sebenarnya.

Setelah Pin BB di-accept, sang penipu pura-pura sedang butuh uang dan merayu-rayu sang pria agar mau mentransferkan uang padanya. Dia berjanji akan memberikan apa pun pada sang pria jika telah dipinjami uang. Bahkan tubuhnya pun rela diapain oleh sang pria. Tentu saja, tanpa pikir panjang sang pria akan langsung mentransfer uang kepada "sang wanita" tersebut. Dan sudah dapat diduga, wanita itu langsung menghilang setelah uang didapat.

Jika sang pria tidak memberikan uang, maka Sang Penipu akan melancarkan cara penipuan kedua. Dia akan membuat Akun Blackberry bohongan dengan memakai nama dan foto sang pria tersebut. Kemudian dia akan masuk ke dalam akun FB sang pria, kemudian mengirimkan pesan pribadi (Private Message) kepada teman-teman sang pria dan menginformasikan kalau Pin BB-nya sudah ganti menjadi nomer yang baru. Ada sebagian yang tanpa mengecek lagi akan langsung mengikuti saja info temannya itu.

Nah, setelah itu. Sang Penipu - lewat akun BB bohongan - menginformasikan kalau dia sedang butuh uang, dan minta teman-temannya untuk bisa mentransfer sejumlah uang padanya. Dan niscaya, jika teman orang tersebut baik, maka dia akan mentransfer uang langsung kepada temannya itu.

Mungkin Anda tidak percaya, tapi percayalah. Saat ini banyak penipu yang memakai cara demikian untuk menipu Anda. Jadi janganlah terlalu percaya saat diajak kenalan oleh wanita cantik di Facebook. Serta jangan terlalu mengumbar Pin BB, karena bisa dimanfaatkan banyak orang untuk kepentingan pribadinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar