Minggu, 06 Desember 2015

Penipuan Managemen Artis

Menyandang status sebagai artis atau selebritis adalah impian banyak orang, terutama kaum muda dan remaja. Bagi mereka, artis menjadi salah satu jalan pintas untuk bisa hidup kaya, sukses, dan bergelimangan harta, tanpa perlu kerja keras. Bahkan mereka berani merogoh kocek cukup dalam hanya untuk bisa tenar dan populer, meski untuk waktu yang sangat singkat.

Celah inilah yang kemudian dimanfaatkan para oknum penipu untuk meraup keuntungan dari para remaja dan kaum muda. Dengan berpura-pura menjadi Managemen Artis, mereka dengan mudah menjebak para remaja dan pemuda yang berhasrat untuk menjadi tenar dengan cara cepat. Alhasil banyak dari mereka yang akhirnya tertipu dan terpaksa gigit jari karena tidak pernah dapat menjadi tenar semerpti impian mereka.

Modus yang digunakan oleh oknum Managemen Artis ini adalah dengan memasang iklan yang menyebutkan kalau Management tersebut sedang mencari artis untuk membintangi sebuah sinetron atau iklan tertentu. Biasanya dalam waktu singkat, akan banyak orang yang mendaftar untuk memerani sintron dan iklan tersebut.

Setelah calon korbannya terkumpul, ada 2 cara yang biasanya dilakukan oleh sang Penipu :
Cara Pertama : Sang Korban akan diminta melakukan beberapa gaya atau berakting tertentu, seperti layaknya audisi biasa. Setelah audisi selesai, maka Sang Korban diberi tahu kalau dia terpilih memerani iklan tersebut. Tetapi guna mengurusi penginapan dan biaya lain-lain, Sang Korban wajib membayar sebesar nilai tertentu. Setelah Sang Korban membayar, maka dia akan dijanjikan jadwal shooting sinetron.

Cara Kedua : Tidak ada audisi apapun. Sang Penipu menyebutkan kalau iklan atau sinetron yang akan diperani Sang Korban tidak butuh audisi apapun, dan Sang Korban dipastikan bisa langsung main. Syaratnya adalah Sang Korban wajib membayar sejumlah uang tertentu sebagai biaya administrasi. Setelah uang dibayar, barulah diberitahu kapan waktu untuk shooting-nya dilakukan.

Setelah sang Korban membayar, maka Sang Penipu pun langsung kabur dan tidak akan dapat dihubungi lagi.

Penipuan ini sudah sangat umum terjadi, dan sudah tidak terhingga banyaknya korban yang terjerat penipuan jenis ini. Meski sudah melapor ke Polisi pun, tetap percuma, karena sang Penipu cukup lihai berkelit, sehingga sulit ditangkap.

Apabila Anda tertarik menjadi artis dan melihat ada iklan yang mengajak audisi, sebaiknya teliti lebih dahulu latar belakang perusahaan Management Artis yang menjadi Sponsor, Promotor, maupun Penyelenggara Acara. Bagaimana kredibilitas perusahaan tersebut? Di mana alamatnya? Siapa saja orang yang berada dalam Management Artis itu? Apakah punya catatan hitam di kepolisian? Di jaman sekarang, informasi tersebut sangat mudah didapat di Internet, sehingga Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkan informasi-informasi tersebut.

Apabila setelah audisi, Sang Managemen meminta uang, sebaiknya tolak saja. Tidak ada aturannya setelah audisi Anda harus membayar. Sang Managemen baru bisa mengutip uang dari Anda setelah Anda benar-benar diterima dan bermain dalam sinetron atau iklan yang mereka janjikan. Nilainya pun baru dibicarakan setelah ada kontrak kerja sama di antara Anda dan pihak Management. Apabila tidak ada kontrak, tapi Anda sudah diminta bermain sinetron / iklan, Anda pun berhak menolaknya karena harus jelas dulu hak dan kewajiban Anda.

Ingat... jangan karena mimpi menjadi artis terkenal dan populer, maka Anda dibutakan oleh buaian para penipu yang mencoba mengambil keuntungan dari Anda. Karena itu... berhati-hatilah....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar