Modus Penipuan Paket Pernikahan Murah - Membongkar Modus

Mengungkap kasus kejahatan yang marak terjadi belakangan ini ....

Breaking News

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 26 September 2017

Modus Penipuan Paket Pernikahan Murah

Anda sekarang sedang mencari Wedding Organizer (WO) yang menyediakan Paket Pernikahan? Hati-hati, karena ternyata belakangan ini muncul WO abal-abal yang menawarkan Paket Pernikahan Super Murah, namun ujung-ujungnya justru merugikan konsumen.

Seperti yang terjadi di Depok, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Sebuah WO menawarkan Paket Pernikahan Super Murah yang harganya sebenarnya sangat tidak wajar. Bayangkan saja, dengan harga Rp 45 juta, WO tersebut menawarkan fasilitas make-up komplit untuk pasangan pengantin, hotel berbintang 4 untuk pasangan pengantin dan keluarganya, gedung pernikahan (biasanya di hotel berbintang 4 atau gedung mewah), kue pernikahan, kendaraan selama acara pernikahan, dan paket wisata ke Lombok selama 4 hari 3 malam.


Secara logika, penawaran ini memang tidak masuk akal. Tetapi banyak calon pasangan pengantin yang menutup mata dan akhirnya memilih paket pernikahan dari WO tersebut. Akibatnya sudah bisa ditebak : Para calon pasangan pengantin tersebut tertipu dan tidak dapat melakukan acara sakral mereka tersebut.

Dari fakta yang saya temukan, WO yang melakukan penipuan ini sebenarnya sudah menjalankan bisnis tipu-tipu demikian sejak 2014 silam. Lha, jika demikian, bagaimana mereka bisa melakukan aksinya dan baru ketahuan belakangan ini?

Rupanya dalam menjalankan penipuan ini, mereka melakukan sistem "gali lubang, tutup lubang". Dengan menawarkan Paket Pernikahan Super Murah, mereka menjaring banyak konsumen. Nah, uang yang digunakan dari konsumen tersebut mereka gunakan untuk membayar DP saja ke pihak pemilik gedung atau hotel, salon, catering, dan lain-lain. Seharusnya sebelum acara dilakukan, pihak WO wajib melunasi pembayaran. Tetapi lewat negosiasi dan perjanjian tertentu, WO tidak perlu melunasi pembayaran dan bisa membayar secara menyicil setelah acara selesai.

Itulah mengapa Paket Pernikahan yang dilakukan WO tersebut dapat berjalan dengan baik selama bertarun-tahun. Dengan cara demikian, tentu saja banyak pasangan pengantin yang puas, lalu menceritakan hal ini kepada teman-temannya. Dan WO itu kembali kebanjiran paket pernikahan.

Ketika mereka mendapatkan pekerjaan kembali, uang yang mereka dapat untuk calon konsumen mereka, kembali diputar : Dipakai untuk melunasi atau menyicil pembayaran dari Gedung, Catering, dan lain-lain.

Demikian siklus ini terjadi terus-menerus.

Hingga pada satu titik, ketika konsumen mereka berkurang, mulailah masalah terjadi. WO tidak punya uang lagi untuk melakukan DP, pelunasan, maupun membayar cicilan. Akibatnya sudah bisa ditebak : Pihak Gedung, Salon, Catering, dan lain-lain tidak bersedia menyiapkan fasilitas untuk WO itu sebelum mereka melunasi pembayaran. Akibatnya banyak pernikahan tidak bisa terlaksana lantaran WO tidak bisa membayar kepada koleganya.

Untuk bisa mendapatkan uang kembali, WO kembali meluncurkan paket pernikahan yang lebih murah lagi. Meski cara ini berhasil, tetapi risiko yang dihadapi WO tersebut makin tinggi karena makin banyak calon konsumennya yang mungkin tidak bisa melakukan pernikahan karena uang mereka justru dipakai untuk melunasi paket pernikahan yang sebelumnya dinikmati pasangan lain.

Puncaknya di bulan September 2017 ini, bom waktu itu pun meledak. Para konsumen WO tersebut mengadu kepada pihak berwajib karena mereka tidak dapat melaksanakan pesta pernikahan mereka sesuai waktu yang disepakati.

Belajar dari kasus WO di Depok ini, ada baiknya Anda - yang sedang mencari WO untuk mempersiapkan acara pernikahan Anda sendiri - sebaiknya lebih waspada dalam mencari WO. Ada beberapa hal yang perlu dicermati sebelum memilih WO :
1. Milikilah pengetahuan mengenai estimasi biaya dasar untuk acara pernikahan Anda. Semisal ada WO yang menawarkan Paket Pernikahan, pelajari apa saja komponen paket tersebut. Semisal disebut komponen paket termasuk Gedung Pernikahan, Makan, hotel, salon, kendaraan, kue pengantin, dan lain-lain. Maka tanyakan WO kira-kira Gedung Pernikahannya di mana, makannya apa, hotelnya di mana, dan seterusnya.

Setelah mendapatkan semua informasi, segera lakukan pengecekan estimasi biaya komponen-komponen tersebut LANGSUNG dari pihak pemilik fasilitas (bukan dari WO). Dari harga yang kita dapatkan, biasanya lebih mahal 5 - 15% lebih mahal daripada yang ditawarkan WO. Selama akumulasi total semua komponen pernikahan itu tidak lebih dari 20 - 25%, maka Paket Pernikahan yang ditawarkan WO itu tergolong wajar dan masuk akal.


2. Pastikan WO yang akan menangani pernikahan Anda punya track-record yang baik. Paling tidak, WO tersebut bukan WO baru dan sudah secara konsisten menangani acara pernikahan dengan baik untuk jangka waktu tertentu. Hal ini bisa dilihat dari Website yang mereka miliki, komentar konsumen mereka yang ada di jejaring sosial (bisa ditelusuri dengan menjadi anggota jejaring WO tersebut di Line, Instagram, Facebook, dan lain-lain).


3. Waspadalah jika ada WO yang tiba-tiba menawarkan Paket Pernikahan DISKON. Jika mereka sampai mengeluarkan paket tersebut, maka Anda harus waspada, karena belum pernah ada WO yang menawarkan Paket Pernikahan Diskon. Hal ini bisa jadi pertanda kalau WO tersebut sedang bermasalah dalam keuangan dan sangat membutuhkan "suntikan dana" dari calon konsumen, atau WO tersebut sedang menjaring korban untuk mereka tipu. Jangan pernah mau menerima WO yang secara spesifik menawarkan Paket Pernikahan DISKON via jejaring sosial dan lain-lain.


4. Dan yang paling penting : Pastikan Anda kenal baik dengan pemilik WO. Jika Pemilik WO Anda kenal, maka sudah pasti Anda tahu dia tinggal di mana, dan bagaimana kondisi keluarganya. Meski tidak menjamin, tetapi minimal jika terjadi apa-apa yang membuat acara pernikahan Anda tidak terlaksana, Anda dapat segera mendatangi Pemilik WO tersebut dan dapat memastikan dia tidak akan melarikan diri dari tanggung jawab.


Semoga bermanfaat.....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages